Feature Link

icon1

Download

Temukan semua file yang ingin kalian dapatkan hanya dengan download  disini.

 icon2

Alumni

Seluruh data alumni hanya bisa kalian temukan disini, jika kalian merasa alumni SD Plus Indo Global Mandiri, ayoo masuk!

icon3

Link Pendidikan

Ingin menemukan segala hal mengenai pendidikan? Kami akan membantu anda menemukan segala link mengenai pendidikan disini!

icon4

Link Pengetahuan

 Dengan Motto "Belajar tanpa Batas", keberadaan link ini dapat dijadikan sarana belajar online tanpa mengenal batas ruang dan waktu.

Gerakan Literasi Sekolah ( GLS ) Di SD Plus IGM

GLS  Di SD Plus IGM

 

Gerakan Literasi Sekolah ( GLS ) sudah dicanangkan sejak 2015 lalu melalui Peraturan Menteri Pendidikan No 23 tahun 2015, memberikan terobosan penting dengan mewajibkan anak untuk setiap harinya membaca selama 15 menit sebelum kegiatan  belajar berlangsung untuk. SD Plus IGM melalui Gerakan Literasi Sekolah membiasakan siswa - siwanya dengan membaca 15 menit sebelum pembelajaran dimulai. Kegiatan pembiasaan gerakan literasi ini  bertujuan untuk menumbuhkan minat peserta didik terhadap bacaan dan terhadap kegiatan membaca ujar Mefi Laranti yang biasa dipanggil Miss Mefi selaku guru kelas V.C.

GLS di Sekolah Dasar merupakan kemampuan mengakses, memahami, dan menggunakan sesuatu secara cerdas melalui berbagai aktivitas, seperti membaca, melihat, menyimak, menulis, dan berbicara. GLS di SD merupakan suatu upaya yang dilakukan secara menyeluruh untuk menjadikan sekolah sebagai komunitas pembelajaran literasi. Yang secara umum, GLS bertujuan untuk menumbuhkembangkan budi pekerti peserta didik melalui pembudayaan suasana literasi sekolah yang diwujudkan dalam gerakan literasi sekolah.

GLS ini merupakan hal yang selalu dilakukan oleh siswa siswi kelas VC SD Plus IGM yaitu setiap 15 menit sebelum pembelajaran dimulai. Menurut Maydia Aqilla siswa kelas V.C : “Sungguh membaca buku  adalah aktivitas yang menyenangkan dan mengasyikan. Dengan membaca kita bisa berpetualang kemana saja kita mau, ke ujung dunia mana saja bisa dijelajahi lewat membaca buku, masa depan atau masa lalu juga bisa ditelusuri dengan membaca buku. Buku menyediakan semua hal  yang kita ingin tahu karena buku adalah gudang ilmu”.

Melalui GLS ini menciptakan komunitas literasi pendidikan. Komunitas ini merupakan lingkungan yang menyenangkan dan ramah bagi peserta didik, sehingga menumbuhkan semangat warganya dalam belajar. Semua warga sekolah perlu menunjukkan empati, peduli, dan menghargai sesama, menumbuhkan rasa ingin tahu, melatih kecakapan berkomunikasi, berkontribusi pada lingkungan sosial, dan mengakomodasi partisipasi seluruh warga sekolah.

Optimalisasi gerakan-gerakan literasi pada jenjang SD perlu didukung. Kegiatannya fokus pada penumbuhan dan pembiasaan membaca. Miss Mefi berharap, ketika seorang siswa sudah terbiasa membaca sejak dini, maka pada jenjang pendidikan yang lebih tinggi, bahkan setelah bekerja dan berkeluarga pun, mereka menjadi manusia yang hobi membaca. Dengan kata lain, pembiasaan membaca di SD akan menjadi fondasi bagi seorang siswa. Miss Mefi menambahkan bahwa ketika seseorang telah menjadikan membaca sebagai hobi, maka hal tersebut akan dilakukan dengan penuh suka cita.

Galeri Video