Feature Link

icon1

Download

Temukan semua file yang ingin kalian dapatkan hanya dengan download  disini.

 icon2

Alumni

Seluruh data alumni hanya bisa kalian temukan disini, jika kalian merasa alumni SD Plus Indo Global Mandiri, ayoo masuk!

icon3

Link Pendidikan

Ingin menemukan segala hal mengenai pendidikan? Kami akan membantu anda menemukan segala link mengenai pendidikan disini!

icon4

Link Pengetahuan

 Dengan Motto "Belajar tanpa Batas", keberadaan link ini dapat dijadikan sarana belajar online tanpa mengenal batas ruang dan waktu.

Math Is Fun

СНПЧ А7 Нижний Новгород, обзоры принтеров и МФУ

macth

 

“Matematika ? Oh no, rasanya aku ingin menghapus mata pelajaran itu dari dunia ini”. Sebagian besar pelajar sepertinya setuju dengan kalimat di atas. Matematika sering dianggap pelajaran yang susah dan menyeramkan, padahal matematika itu bisa menjadi sangat menyenangkan jika kita tahu caranya. Pada pembelajaran Matematika tingkat SD anak lebih banyak dikenalkan pada matematika dasar sebagai pondasi untuk belajar pada jenjang berikutnya serta diharapkan dapat membekali siswa dengan kemampuan berfikir secara logis, analitis, sistematis dan kritis.

Matematika bukan tentang menghafal rumus tapi matematika adalah tentang cara berfikir. Ketika kamu menghafal rumus maka hapalan rumus itu tidak akan bertahan lama di otak kita. Jauh lebih penting jika kita memahami konsep dasarnya dan kemudian kita menganalisisnya.

Pada pembelajaran kali ini miss Binti berusaha menciptakan pembelajaran matematika yang menyenangkan dan mengasyikkan, dengan melakukan praktikum pengolahan data ekstrakurikuler yang dilakukan siswa-siswi kelas VI SD Plus IGM. Tujuan dari pembelajaran ini adalah siswa dapat mengkomunikasikan gagasan dengan simbol, tabel, diagram atau media lain untuk memperjelas suatu keadaan atau masalah. Tujuan lainnya adalah membentuk sikap logis, kritis, cermat, kreatif dan disiplin pada diri siswa.

Miss Binti menjelaskan langkah-langkah kerja Pembelajaran ini dilakukan dengan membentuk kelompok yang terdiri dari 4 orang. Alat dan bahan yang digunakan adalah karton, origami, spidol, penggaris, gunting, lem, dan stereofoam. Adapun langkah kerja sebagai berikut : Setiap kelompok diminta mengambil data ektrakurikuler pada kelas yang telah ditentukan, kemudian siswa diminta mengelompokkan data-data yang telah diperoleh dalam bentuk tabel Distribusi Frekuensi, selanjutnya siswa secara berkelompok membuat diagram batang pada karton atau stereofoam yang telah disediakan. Kemudian anak-anak diminta menghias diagram batang tersebut sesuai kreasi kelompok masing-masing.

Menurut Bagas, pengalaman belajar seperti ini sangat menarik dan menyenangkan, kami dapat mewawancarai adik kelas tentang ekstrakurikuler apa yang mereka sukai, kemudian hasil data tersebut dikelompokkan ke dalam bentuk tabel tiga dimensi. Kami juga sangat bangga karena hasil kerja kelompok kami bisa dipajang di dinding kelas, yang tentunya dapat semakin menambah keindahan kelas.

Galeri Video