Feature Link

icon1

Download

Temukan semua file yang ingin kalian dapatkan hanya dengan download  disini.

 icon2

Alumni

Seluruh data alumni hanya bisa kalian temukan disini, jika kalian merasa alumni SD Plus Indo Global Mandiri, ayoo masuk!

icon3

Link Pendidikan

Ingin menemukan segala hal mengenai pendidikan? Kami akan membantu anda menemukan segala link mengenai pendidikan disini!

icon4

Link Pengetahuan

 Dengan Motto "Belajar tanpa Batas", keberadaan link ini dapat dijadikan sarana belajar online tanpa mengenal batas ruang dan waktu.

Keceriaan Siswa Belajar dengan Menggunakan Media Video

СНПЧ А7 Нижний Новгород, обзоры принтеров и МФУ

pembelajaran multimedia

 

Seni Budaya dan Prakarya (SBdP) diajarkan di SD karena memiliki sifat unik dan bermanfaat bagi perkembangan siswa. Salah satu ruang lingkup SBdP adalah seni musik dimana siswa diajarkan olah vokal (menyanyi), memainkan alat musik (instrumen) dan mengapresiasi karya. Pada kesempatan kali ini siswa kelas II mengikuti pembelajaran menyanyikan lagu daerah “Rasa Sayange” dari Maluku. Bernyanyi memiliki banyak manfaat untuk praktik pendidikan anak dan pengembangan pribadinya secara luas karena: (1) bernyanyi bersifat menyenangkan, (2) bernyanyi dapat dipakai untuk mengatasi kecemasan, (3) bernyanyi merupakan media untuk mengekspresikan perasaan, (4) bernyanyi dapat membantu membangun rasa percaya diri anak, (5) bernyanyi dapat membantu daya ingat anak, (6) bernyanyi dapat mengembangkan rasa humor, (7) bernyanyi dapat membantu pengembangan keterampilan berpikir dan kemampuan motorik anak, dan (8) bernyanyi dapat meningkatkan keeratan dalam sebuah kelompok.

 

Siswa mengikuti pembelajaran lagu “Rasa Sayange” dengan menggunakan media video. Adapun kelebihan siswa menggunakan media video yang memanfaatkan fasilitas yang tersedia di SD Plus IGM ini yaitu video lagu tersebut berbentuk gambar bergerak dan dilengkapi dengan suara diharapkan dapat menarik dan menambah minat anak dalam mempelajari sebuah lagu. Anak tidak bosan belajar lagu berulang-ulang karena tampilan video gambar yang bergerak dan warna-warna yang menarik perhatian anak. Media ini dapat menyajikan iringan lagu dan menampilkan visual yang menarik berupa kartun lucu yang menyanyikan lagu daerah “Rasa Sayange”. Tujuan utama dari pembelajaran seni melalui pembelajaran vokal dengan media video ini adalah mengajak anak bermain sambil bernyanyi, mengekspresikan diri, dan bergerak dengan lagu.

Miss Welly Astuti mengatakan “Adanya media pembelajaran dapat membantu dalam proses pemahaman mengenai isi atau pesan yang akan disampaikan dalam pembelajaran. Teknologi yang berkembang saat ini membantu dalam pengembangan media pembelajaran, baik dengan menggunakan program khusus, maupun hanya melalui proses rekaman biasa. Teknologi dalam pendidikan memberikan kemudahan berupa pemanfaatan media belajar untuk menyampaikan informasi pembelajaran kepada siswa Pembelajaran tidak hanya terbatas pada buku teks dan gambar diam saja, tetapi media audiovisual dan video, sehingga peserta didik dapat mendengar, melihat dan memberi apresiasi terhadap apa yang dilihatnya.”

Miss Welly juga menambahkan “Berkaitan dengan pembelajaran pada anak, media-media yang digunakan diharapkan dapat tepat guna untuk anak. Pembelajaran tidak hanya terpaku pada teks dan gambar diam saja, tetapi lebih memanfaatkan teknologi”

Miss Welly Astuti sebagai guru SDdP kelas II menuturkan bahwa “Dengan kondisi belajar yang menyenangkan diharapkan anak dapat lebih mengekspresikan diri melalui lagu yang dinyanyikan. Media audio visual dalam bentuk video diharapkan dapat membantu anak untuk bernyanyi, mengekspresikan diri dan bergerak dengan lagu. Selain mereka senang dalam mengikuti proses pembelajaran Seni Budaya dan Prakarya ini, secara tidak langsung siswa dapat melestarikan kebudayaan Indonesia berupa lagu daerah ini.”

Galeri Video