Feature Link

icon1

Download

Temukan semua file yang ingin kalian dapatkan hanya dengan download  disini.

 icon2

Alumni

Seluruh data alumni hanya bisa kalian temukan disini, jika kalian merasa alumni SD Plus Indo Global Mandiri, ayoo masuk!

icon3

Link Pendidikan

Ingin menemukan segala hal mengenai pendidikan? Kami akan membantu anda menemukan segala link mengenai pendidikan disini!

icon4

Link Pengetahuan

 Dengan Motto "Belajar tanpa Batas", keberadaan link ini dapat dijadikan sarana belajar online tanpa mengenal batas ruang dan waktu.

It’s Time For Fun

СНПЧ А7 Нижний Новгород, обзоры принтеров и МФУ

time is fun

Bahasa Inggris merupakan salah satu bahasa asing yang mau tak mau harus di kuasai oleh anak-anak zaman sekarang, apalagi dengan semakin berkembangnya globalisasi, bahasa Inggris yang memang sudah menjadi bahasa Internasional, harus sudah diikutsertakan dalam bahasa sehari-hari. Walaupun saat ini, pembelajaran bahasa Inggris di sekolah dasar tidak lagi menjadi mata pelajaran pokok semenjak mulai diberlakukannya kurikulum nasional 2013. Bahasa inggris adalah salah satu mata pelajaran yang dihilangkan dari kurikulum pendidikan nasional tersebut. Mata pelajaran ini menjadi mata pelajaran tambahan atau ekstrakurikuler di sekolah.

 

Hal ini berbeda dengan SD Plus IGM, bahasa Inggris tetap menjadi salah satu mata pelajaran pokok yang tetap dipelajari dan menjadi icon bagi sekolah berlabel plus seperti SD Plus IGM , hal bertujuan agar siswa-siswa SD Plus IGM sudah terbiasa dengan bahasa Inggris jika nanti siswa-siswi SD Plus IGM keluar dari ruang lingkup keseharian mereka di SD Plus IGM. Untuk itu Maharani, selaku guru bahasa Inggris di SD Plus IGM merasa perlu menjadikan pembelajaran bahasa Inggris menjadi lebih menarik. Menurutnya pembelajaran melalui penuturan kata-kata oleh guru cenderung membuat siswa bosan dan kurang bervariasi.

Untuk mengaplikasikan metode mengajar agar lebih bervariasi dan menarik perhatian siswa, penyampaikan materi pembelajaran dengan cara praktik langsung kepada peserta didik merupakan metode yang lebih efektif dibanding dengan cara pemberian materi pembelajaran teori secara terus menerus. Pada kesempatan ini metode praktik langsung diterapkan pada materi Part of Body. Setelah guru mempraktikkan langsung nama-nama bagian tubuh menggunakan bahasa Inggris dengan pengucapan yang tepat, kemudian siswa secara bersama-sama berlatih nama-nama bagian tubuh tersebut menggunakan bahasa Inggris, setelah berlatih berkali-kali siswa melakukan game secara langsung tentang materi yang sedang dipelajari.

Sebelum memulai game siswa diminta berdiri kemudian berhadapan dengan teman yang ada disebelahnya, teman yang berhadapan bertugas mengoreksi jawaban teman yang dihadapannya, peraturannya jika teman yang dikoreksi melakukan kesalahan, maka teman tersebut langsung memberi tanda. Game dimulai dengan aba-aba dari guru seperti kalimat perintah “are you ready? Now touch your nose, touch your eye, touch your soulder, etc. Kemudian soal perintahnya di modifikasi menjadi sebuah petunjuk, misalnya “I smell with?” lalu siswa harus menunjuk hidung sebagai jawaban dari petunjuk soal. Pada akhir game, siswa-siswi yang terbanyak melakukan kesalahan akan mendapatkan hukuman, jenis hukuman disepakati bersama sebagai contoh menyanyi di depan kelas, mannequin style selama beberapa detik, dll.

Pembelajaran menggunakan game seperti ini sangat efektif bagi siswa selain menambah kosa kata, game ini juga melatih siswa untuk fokus dan jujur selama berlangsungnya game. Diharapkan pembelajaran dengan metode seperti ini dapat dengan mudah bagi siswa untuk menambah kosa kata yang dapat mereka gunakan dalam percakapan sehari-hari, sehingga penggunaan bahasa Inggris tidak hanya di kelas bahasa Inggris, tetapi juga dalam percakapan sehari-hari di luar kelas.

Galeri Video