Feature Link

icon1

Download

Temukan semua file yang ingin kalian dapatkan hanya dengan download  disini.

 icon2

Alumni

Seluruh data alumni hanya bisa kalian temukan disini, jika kalian merasa alumni SD Plus Indo Global Mandiri, ayoo masuk!

icon3

Link Pendidikan

Ingin menemukan segala hal mengenai pendidikan? Kami akan membantu anda menemukan segala link mengenai pendidikan disini!

icon4

Link Pengetahuan

 Dengan Motto "Belajar tanpa Batas", keberadaan link ini dapat dijadikan sarana belajar online tanpa mengenal batas ruang dan waktu.

Fun Board Puzzle Sebagai Salah Satu Media Paikem

Fun Board Puzzle

SD Plus IGM Palembang- Pemberian media merupakan salah satu cara untuk meningkatkan keaktifan siswa khususnya pada pengukuran satuan panjang dan berat di kelas 5B. Media pembelajaran merupakan pengantar pesan yang baik, agar siswa dapat memahami dengan jelas materi yang disampaikan. Menurut Azhar Arsyad (2008) media pembelajaran merupakan unsur-unsur penunjang dalam proses pembelajaran agar terlaksana dengan lancar dan efektif. Salah satu media yang dapat digunakan untuk meningkatkan keaktifan siswa adalah media Fun Board Puzzle.

Puzzle dapat meningkatkan daya ingat dari pemasangan potongan puzzle yang dipasangkan, serta melatih konsentrasi, ketelitian, dan kesabaran. Penggunaan media Fun Board Puzzle dalam proses belajar mengajar dapat mendorong siswa aktif dalam menyelesaikan masalah, serta memahami suatu persoalan dengan mudah karena dapat melatih anak berpikir logis, dan mengembangkan ide siswa sehingga siswa aktif, kreatif, belajar dalam suasana menyenangkan, tidak mudah bosan, dan dapat meningkatkan aktivitas siswa yang berdampak pada meningkatnya prestasi belajar siswa.

Tahapan kegiatan pada pelaksaaan pembelajaran dengan media fun board puzzle adalah sebagai berikut: letakkan angka yang mempunyai nilai tempat satuan pada satuan berat yang telah diketahui. Untuk angka yang di depan nilai tempat satuan seperti (puluhan, ratusan, ribuan dst) letakkan mengikuti di depan satuan berat/panjang yang diketahui, dan untuk angka yang di belakang nilai tempat satuan/di belakang koma (persepuluhan, perseratusan dst.) letakkan mengikuti dibelakang satuan berat yang diketahui. Berilah bantuan angka nol (0) sampai dengan satuan berat yang telah ditanyakan (jika diperlukan).

Pembelajaran ini, siswa dibagi oleh Ms.Haryati menjadi 4 kelompok. Setiap kelompok diberikan puzzle, fun board kartu soal, dan kartu angka. mereka mengerjakan kartu soal secara berkelompok, kemudian mereka mengisi LKS yang telah diberikan oleh guru. Setelah itu, mereka berlomba untuk menjawab pertanyaan rebutan yang diberikan oleh Ms. Haryati. Tim yang menjawab paling banyak akan mendapatkan 10 star. Setelah itu, mereka mengerjakan soal evaluasi yang di berikan oleh Ms. Haryati. Selama proses pembelajaran berlangsung, anak-anak tampak sangat antusias, maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan fun board puzzle sangat berkesan dan menyenangkan sesuai dengan kurikulum 2013 yaitu Pembelajaran Aktif Inovatif Kreatif dan Menyenangkan (PAIKEM).

Galeri Video