Feature Link

icon1

Download

Temukan semua file yang ingin kalian dapatkan hanya dengan download  disini.

 icon2

Alumni

Seluruh data alumni hanya bisa kalian temukan disini, jika kalian merasa alumni SD Plus Indo Global Mandiri, ayoo masuk!

icon3

Link Pendidikan

Ingin menemukan segala hal mengenai pendidikan? Kami akan membantu anda menemukan segala link mengenai pendidikan disini!

icon4

Link Pengetahuan

 Dengan Motto "Belajar tanpa Batas", keberadaan link ini dapat dijadikan sarana belajar online tanpa mengenal batas ruang dan waktu.

Asyiknya Bermain Boy Boyan Kelas 3

СНПЧ А7 Нижний Новгород, обзоры принтеров и МФУ

Boy Boyan

 

Hari ini anak kelas 3 SD PLUS IGM bersama Sir Anca bermain “boy boyan”. Olahraga tak selamanya lari, bermain bola, senam dan lainnya. Boy-boyan merupakan permainan tradisional yang berasal dari provinsi Jawa Barat khususnya di daerah Sunda. Permainan ini biasanya dimainkan oleh anak laki-laki. Tentu saja bukan dikhususkan untuk anak laki-laki, anak perempuan juga bisa bermain boy-boyan. Sebenarnya, permainan ini memiliki nama yang berbeda-beda di setiap daerahnya. Misal, di daerah Pati, Jawa Tengah, permainan ini dikenal dengan nama Gaprek Kempung. Di daerah Sunda, ada yang menyebutnya boy-boyan, ada juga yang menyebutnya bebencaran dan di beberapa daerah lainnya permainan ini disebut Gebokan, karena katanya suara yang biasa ditimbulkan apabila bola karet yang digunakan dalam permainan mengenai anggota badan dari pemain akan menimbulkan suara “Gebok”.

Permainan yang diikuti beberapa orang minimal 3 orang bahkan bisa lebih, boy-boyan sendiri sejenis permainan seperti bola sebesar kempalan tangan yang di dalamnya boleh di isi dengan lipatan kertas atau kain yang penting bisa berbentuk bola kecil serta ada tumpukan genting pecah minimal 7 tingkat. Melihat anak – anak berlarian dengan semangat tidak terasa waktu sudah hampir habis. Siswa siswi kelas 3 SD PLUS IGM sangat menyukai permainan ini. Sir Anca mengatakan selain untuk melatih motorik anak permainan ini diperkenalkan sebagai budaya bangsa. Teknik dan aturan permainanya adalah membuat dua kelompok dengan jumlah pemain dalam setiap kelompok 2-10 anak, Siapkan bola dan pecahan genteng untuk disusun ke atas. Cara bermain tentukan pemain yang pertama memulai permainan dengan melakukan  hompimpa.

Pemain yang menang pertama, merobohkan menara genteng dengan menggunakan bola dari jarak tertentu. Selanjutnya, pemain yang menang harus menyusun kembali menara genteng yang berserakan tersebut sambil menghindari tembakan bola dari pemain yang kalah. Jika pemain yang menang terkena tembakan, maka akan menjadi pemain yang kalah dan sebaliknya. Sir Anca mengatakan tujuan permainan ini adalah Untuk melatih gerak karena ada 4 gerak dasar yang ada dalam permainan boy boyan yaitu :berlari, menggelinding bola, melempar bola, dan menembak bola. Diharapkan mampu melatih kreatifitas dalam berfikir dan mampu meningkatkan semangat dan motivasi yang melakukan permainan. Dapat melatih sportifitas para pemainnya. Akhirnya, siswa – siswi masuk kedalam kelas dengan hati yang senang. Mari bermain bersama kami di SD PLUS IGM. Kami tunggu kedatangannya.

Galeri Video