Feature Link

icon1

Download

Temukan semua file yang ingin kalian dapatkan hanya dengan download  disini.

 icon2

Alumni

Seluruh data alumni hanya bisa kalian temukan disini, jika kalian merasa alumni SD Plus Indo Global Mandiri, ayoo masuk!

icon3

Link Pendidikan

Ingin menemukan segala hal mengenai pendidikan? Kami akan membantu anda menemukan segala link mengenai pendidikan disini!

icon4

Link Pengetahuan

 Dengan Motto "Belajar tanpa Batas", keberadaan link ini dapat dijadikan sarana belajar online tanpa mengenal batas ruang dan waktu.

Melatih Kelincahan Kaki Dengan Gerak Lokomotor

СНПЧ А7 Нижний Новгород, обзоры принтеров и МФУ

Gerak Lokomotor

 

SD PLUS IGM, hari ini Sir Ihsan bersama anak – anak kelas V SD PLUS IGM olahraga melakukan gerak lokomotor. Olahraga jalan dan lari merupakan beberapa contoh gerak lokomotor. Gerak jalan dan lari dapat disebut gerak lokomotor, karena gerak yang dilakukan oleh olahraga jalan dan lari adalah gerak berpindah tempat. Berikut ini akan dijelaskan tentang kombinasi jalan dan lari yang dilakukan dengan koordinasi gerak yang baik. Gerak lokomotor yang diajarkan Sir Ihsan hari ini yaitu  Jalan dengan Ujung Kaki Sambil Mengangkat Lutut kemudian Lari.

Pernahkah kalian melakukan gerakan berjalan dengan satu kaki? Jika pernah, tentu kalian juga bisa melakukan gerakan jalan dengan ujung kaki sambil mengangkat lutut kemudian lari. Cara melakukan gerakan tersebut yaitu: a. Buatlah tiga buah garis dengan jarak masing-masing 10 meter. b. Gerakannya: mulai berjalan dengan ujung kaki sambil mengangkat lutut melewati garis pertama. Setelah melewati garis kedua larilah sekencang-kencangnya hingga mencapai dan melewati garis ketiga. Perhatikan gambar di bawah ini agar kalian dapat memahaminya.

Belajar gerak memiliki tujuan utama pada penguasaan keterampilan dan efisiensi gerakan. Keterampilan menurut Singer adalah gerakan otot atau tubuh yang menyukseskan pelaksanaan aktifitas yang diinginkan, sedangkan menurut Rusli Lutan keterampilan adalah kompetensi yang diperagakan oleh seseorang dalam menjalankan tugas tertentu. Demikian juga pendapat Rahtoknam bahwa keterampilan adalah setiap aktivitas yang diarahkan pada tujuan khusus.

Sir Ihsan mengatakan Keterampilan gerak pada hakikatnya merupakan pencerminan derajat efesiensi dalam melakukan gerakan tertentu. Gerakan terampil bisa dicapai melalui proses belajar dan berlatih yang berulang-ulang dan spesifik pada cabang olahraga tertentu. Yang penting dalam belajar keterampilan gerak adalah dicapainya penguasaan gerak pada cabang olahraga yang dipelajari, sehingga tercipta pola gerak yang terkoordinasi dan terpadu.

Untuk mewujudkan suatu keterampilan diperlukan berbagai kemampuan yang meliputi: 1) Kemampuan gerak (motorik), 2) kemampuan persepsi, 3) kemampuan kognitif. Kemampuan persepsi terkait dengan kemampuan seseorang dalam mengiterpretasikan suatu sitimulus sensorik dari panca indra dan pengorganisasiannya secara baik untuk menjelaskan suatu aktifitas olahraga. Sir Ihsan langsumg mencontohkan gerakan gerakan tersebut. Kemampuan persepsi terkait dengan kemampuan visual (penglihatan), kinestetis (merasakan), taktis (sentuhan), dan auditori (pendengaran).

Kemampuan kognitif terkait dengan proses pengambilan keputusan yang diawali dengan pemahaman tentang teknik gerak yang benar.Pemahaman tentang teknik gerak yang benar akan mempercepat penguasaan dan meningkatkan kualitas gerakan yang dilakukan. Perpaduan antara kemampuan gerak, kemampuan persepsi, dan kemampuan kognitif secara baik dan mewujudkan keterampilan yang pada hakekatnya merupakan pencerminan derajat efisiensi efektifitas dalam melakukan gerakan olahraga.

Sir Ihsan juga mengatakan setelah belajar gerak lokomotor di sekolah, anak – anak juga diharapkan belajar dirumah agar mewujudkan keterampilan gerak yang lebih baik, maka diperlukan proses belajar, latihan secara teratur, dan berkesinambungan. Mari belajar bersama kami di SD PLUS IGM. 

Galeri Video