Feature Link

icon1

Download

Temukan semua file yang ingin kalian dapatkan hanya dengan download  disini.

 icon2

Alumni

Seluruh data alumni hanya bisa kalian temukan disini, jika kalian merasa alumni SD Plus Indo Global Mandiri, ayoo masuk!

icon3

Link Pendidikan

Ingin menemukan segala hal mengenai pendidikan? Kami akan membantu anda menemukan segala link mengenai pendidikan disini!

icon4

Link Pengetahuan

 Dengan Motto "Belajar tanpa Batas", keberadaan link ini dapat dijadikan sarana belajar online tanpa mengenal batas ruang dan waktu.

Kerajinan Tangan Unik dari Kain Flanel

Kerajinan Kain Flanel

 

Saat ini pembuatan kerajinan tangan dari kain flanel tergolong populer dan banyak diminati. Tidak lain karena banyak tersedianya kain flanel di toko-toko dan harganya tergolong murah. Oh, iya, sudah pada tahu belum apa itu kain flanel?

Kain flanel ialah kain yang dibuat dari serat wol tanpa ditenun, dibuat dengan proses pemanasan dan penguapan sehingga menghasilkan kain dengan beragam tekstur dan jenis. Kain flanel disebut juga karya seni tiga dimensi. Karya seni tiga dimensi adalah karya seni yang memiliki dimensi panjang dan lebar serta tinggi, memiliki volume dan menempati ruang.

Ada beberapa teknik yang dapat dipakai untuk membuat karya seni tiga dimensi. Salah satunya adalah dengan teknik menjahit. Untuk membuat karya seni tiga dimensi ini , kamu membutuhkan benang, jarum, dan kain.

Ayo kita ikuti cara membuatnya. Pertama, sediakan alat dan bahan yaitu kain flanel, kertas pola, gunting, jarum, benang jahit, manik-manik , kapas/kapuk, dan lem. Buat terlebih dahulu pola pada kain flanel, setelah membuat pola mulailah menjahit kain flanel. Sisakan sedikit lubang untuk memasukkan kapas, kemudian jahit rapi kembali. Terakhir , mulailah berkreasi dengan menambahkan manik-manik sesuai dengan boneka hewan yang kita buat.

“Wah, menyenangkan sekali membuat kain flanel ini, selain lucu juga membuat kita lebih kreatif ujar M. Yazid sebagai ketua kelas VI.D. “Saya memang suka menjahit, menjahit itu menyenangkan dan bahagia sekali melihat hasil karya yang kita buat dengan kreatifitas kita sendiri”, ujar Sheyhka menambahkan.

Bagaimana menyenangkan sekali ya, dan bisa kita lakukan dengan mudah bukan? Membuat prakarya dari kain flanel, sangat menarik dan menyenangkan. Kerajinan tangan ini juga, tidak membutuhkan banyak biaya untuk membuatnya dan tergolong murah. Hasilnya pun sangat bermanfaat, bisa kita gunakan sebagai hiasan atau aksesoris.

Galeri Video