Feature Link

icon1

Download

Temukan semua file yang ingin kalian dapatkan hanya dengan download  disini.

 icon2

Alumni

Seluruh data alumni hanya bisa kalian temukan disini, jika kalian merasa alumni SD Plus Indo Global Mandiri, ayoo masuk!

icon3

Link Pendidikan

Ingin menemukan segala hal mengenai pendidikan? Kami akan membantu anda menemukan segala link mengenai pendidikan disini!

icon4

Link Pengetahuan

 Dengan Motto "Belajar tanpa Batas", keberadaan link ini dapat dijadikan sarana belajar online tanpa mengenal batas ruang dan waktu.

Proses Pembuatan Batik Jumputan SD Plus IGM

WhatsApp Image 2019-10-02 at 12.19.43 1

Guna meningkatkan kecintaan budaya dan pakaian adat Palembang dan Sumatera bagian Selatan pada umumnya, hari ini tanggal 29 Agustus 2019 siswa/siswi kelas 6 mengenal dan belajar proses pembuatan pakaian adat tradisional khas Palembang.

Benar saja, hal ini cukup beralasan karena sesuai dengan tindak lanjut himbauan kepala Dinas Pendidikan Sumatera Selatan atas surat edaran Gubernur Sumatera Selatan Nomor 009/SE/PERIND/2018 pada tanggal 23 Februari lalu terkait penggunaan produk sandang khas Sumatera Selatan pada bulan maret tahun lalu.

Seperti suasana di SD PLUS IGM dalam pembelajaran SBDP para siswa/siswi mengenal batik tradisional (jumputan) beserta proses pembuatannya.
“Kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan kepada anak-anak cara membuat batik jumputan dengan teknik Ikat-celup. Teknik jumputan Ikat-celup ialah mewarnai kain putih polos yang dikerjakan dengan cara mengikat beberapa bagian kain dengan tali, kemudian dicelupkan kedalam pewarna yang sudah disiapkan,” kata hafiz.

WhatsApp Image 2019-10-02 at 12.19.43

Praktik membuat batik menggunakan teknik jumputan Ikat-celup dilakukan karena metode ini mudah dilakukan oleh anak-anak, dan biaya yang terjangkau.
Kegiatan ini diharapkan menambah pengetahuan dan membuat anak-anak selalu mencintai juga melestarikan budaya local melalui pembelajaran.

Galeri Video