Pembelajaran Kooperatif “WRITE AROUND”

Pembelajaran Kooperatif

Menulis puisi merupakan salah satu keterampilan yang harus dikuasai dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Menulis puisi merupakan ungkapan gagasan dan ide dalam bentuk puisi. Nah, gagasan itu biasanya dilandasi oleh tema tertentu. Kali ini, siswa-siswi kelas IV.B akan menulis puisi dengan tema mengenai “cita-citaku”. Menulis puisi kali ini berbeda, yaitu dengan cara berkelompok yaitu metode “Write Around”.

Read more: Pembelajaran Kooperatif “WRITE AROUND”

Menyukai Bahasa Inggris Sejak Dini

MENYUKAI BAHASA INGGRIS

Anak-anak mempunyai kemampuan yang baik dalam belajar bahasa namun mereka masih harus dibimbing dengan cermat karena anak-anak memiliki karakteristik khusus yang berbeda dengan pembelajar dewasa. Mereka membutuhkan guru yang baik yaitu orang yang kreatif dan inovatif dan mampu memahami karakteristik anak-anak. Selain itu salah satu cara untuk membantu anak-anak belajar bahasa asing lebih mudah adalah dengan menggunakan media atau alat peraga yang sesuai dengan topik dan tujuan pembelajaran. Selain itu strategi yang digunakan oleh guru juga sangat berpengaruh terhadap pembelajaran bahasa asing bagi anak- anak.

Read more: Menyukai Bahasa Inggris Sejak Dini

Keceriaan Siswa Belajar dengan Menggunakan Media Video

pembelajaran multimedia

 

Seni Budaya dan Prakarya (SBdP) diajarkan di SD karena memiliki sifat unik dan bermanfaat bagi perkembangan siswa. Salah satu ruang lingkup SBdP adalah seni musik dimana siswa diajarkan olah vokal (menyanyi), memainkan alat musik (instrumen) dan mengapresiasi karya. Pada kesempatan kali ini siswa kelas II mengikuti pembelajaran menyanyikan lagu daerah “Rasa Sayange” dari Maluku. Bernyanyi memiliki banyak manfaat untuk praktik pendidikan anak dan pengembangan pribadinya secara luas karena: (1) bernyanyi bersifat menyenangkan, (2) bernyanyi dapat dipakai untuk mengatasi kecemasan, (3) bernyanyi merupakan media untuk mengekspresikan perasaan, (4) bernyanyi dapat membantu membangun rasa percaya diri anak, (5) bernyanyi dapat membantu daya ingat anak, (6) bernyanyi dapat mengembangkan rasa humor, (7) bernyanyi dapat membantu pengembangan keterampilan berpikir dan kemampuan motorik anak, dan (8) bernyanyi dapat meningkatkan keeratan dalam sebuah kelompok.

Read more: Keceriaan Siswa Belajar dengan Menggunakan Media Video

Bermain Sambil Belajar, Belajar Sambil Bermain Melalui Secret Box

Secret Box

 

Hai, teman-teman semuanya apa kabar? Masih ingatkan dengan kami anak-anak kelas satu A dan miss kami yaitu miss Novia? Jika beberapa bulan lalu, kami bercerita tentang kreasi dalam membuat simbol sila kedua yaitu rantai yang terbuat dari kertas origami, kali ini kami akan bercerita yang sedikit berbeda dari kreasi kami sebelumnya.

Read more: Bermain Sambil Belajar, Belajar Sambil Bermain Melalui Secret Box

Page 4 of 21