Feature Link

icon1

Download

Temukan semua file yang ingin kalian dapatkan hanya dengan download  disini.

 icon2

Alumni

Seluruh data alumni hanya bisa kalian temukan disini, jika kalian merasa alumni SD Plus Indo Global Mandiri, ayoo masuk!

icon3

Link Pendidikan

Ingin menemukan segala hal mengenai pendidikan? Kami akan membantu anda menemukan segala link mengenai pendidikan disini!

icon4

Link Pengetahuan

 Dengan Motto "Belajar tanpa Batas", keberadaan link ini dapat dijadikan sarana belajar online tanpa mengenal batas ruang dan waktu.

Story Sharing : Ajak Siswa SD Plus IGM Pahami Riwayat 1 Muharram Melalui Dongeng

WhatsApp-Image-2020-09-07-at-14.12.37

Sekolah Dasar (SD) Plus Indo Global Mandiri (IGM) mengajak siswa dan orang tua siswa untuk bersama sama kembali memaknai peringatan tahun baru Islam (1 Muharram). Uniknya, peringatan ini dibungkus dengan cerita dongeng bertajuk Story Sharing bersama Kampung Dongeng Sumatera Selatan (Sumsel) serta Dompet Dhuafa.

Meski digelar melalui aplikasi Zoom dan Youtube, namun antusias peserta sangat senang mengikuti cerita yang disampaikan oleh salah satu pendongeng dari Kampung Dongeng Sumsel tersebut.

Pendongeng dari Kampung Dongeng Sumsel Kak Ninuk Sundari, sengaja mengangkat tema tentang kasih sayang laba laba dan burung merpati kepada Rasullah SAW. Dengan ditemani “Siti”, boneka yang setia menemani Kak Ninuk dalam berdongeng, keduanya mengajak peserta untuk membayangkan serta berimajinasi menuju masa masa di saat Islam di tanah arab.

WhatsApp-Image-2020-09-07-at-14.12.29

Metode yang disampaikan Kak Ninuk dan “Siti” pun cukup memancing penasaran peserta. Kedua mampu memainkan peran dengan cerita yang mengalur sesuai dengan tema yang ditetapkan.

“Hikmah yang bisa diambil, adalah selemah lemahnya kita, pasti bisa melakukan kebaika terhadap sesama. Dan itu yang harus kita lakukan sampai kapan pun. Allah pun senantiasa akan memberikan kita kekuatan dan pertolongan bagi hambanya yang bertawakal,” jelas dia.

Sementara, Wakil Kepala Kesiswaan SD Plus Indo Global Mandiri, Mefi Laranti menyebut jika pelaksaan Story Sharing ini sengaja digelar untuk memperingati perayaan 1 Muharram dengan mendatangkan pendongeng.

“Metode biasanya adalah tausyiah. Kita khawatir, anak anak akan cepat bosan dengan ceramah. Untuk itu, kita berikan sedikit sentuhan kreatif dengan melalui dongeng yang diberikan. Dengan begitu, anak anak lebih antusias,” katanya.

Dia menambahkan, tema yang diangkat juga sengaja lantaran ingin mengajak anak anak mengetahui jika memiliki peringatan tahun baru Islam. “Tidak hanya peringatan tahun baru masehi saja. Kita ingatkan seperti apa riwayatnya sehingga anak anak bisa menambah ilmunya,” pungkasnya. (andhiko tungga alam) (igmtvnews.com)

Galeri Video